Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan? | Pasti ini terdengar konyol, pertanyaan macam apa ini? Ya, dari awal memang begitu! Kebanyakan orang menjawab seperti itu. Kita semua selalu terikat oleh kata "waktu" kata yang sering diucap setiap hari ini menyimpan banyak teka-teki. Ada kata "waktu" pasti ada kata "jam" alat yang kita gunakan untuk mengetahui waktu selama ini. Manusia di mana pun di Bumi, umumnya maklum tentang arti kata: "searah jarum jam". Tentu yang dimaksud, jarum jam yang berputar ke arah kanan.


Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan?

Asal mula perputaran ini tidak terlepas dari faktor geografis dari peradaban-peradaban besar kuno, seperti Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, atau Cina; yang berada di belahan bumi utara. Sebagian besar peradaban menggunakan jam matahari (sundial) sebagai penunjuk waktu.

Sundial yang awalnya dari Mesir ini terdiri atas dua bagian yakni papan berbentuk lingkaran persegi yang ditulisi angka-angka serta sebuah tiang segitiga (gnomon) yang berdiri tegak lurus dari papan. Ketika sinar matahari menyorot, maka bayangan gnomon menimpa papan dan menunjukkan waktu saat itu.

Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan?
Sundial
Mengingat sundial berada di belahan Bumi utara, maka bayangan gnomon akan terlihat bergerak ke kanan. Lain halnya jika jam itu diletakkan di Bumi bagian selatan, karena arahnya akan berlawanan. Sementara kalu dia ada tepat di daerah katulistiwa, maka bayangannya hanya akan bergerak dari barat ke timur.

Saat jam mekanik mulai dibuat, yaitu pada abad pertengahan di Eropa, rupanya "kebiasaan" itu terus berlanjut. Meski diletakkan di mana pun, arah jarum jam akan tetap ke kanan.


Post a Comment

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#https://www.facebook.com/nada.hasni.75} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#https://plus.google.com/u/0/+NadaHasni} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#https://www.instagram.com/nadahasnim/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.